Workshop Pengembangan Karir Dosen Muda Fisipol UGM bertujuan untuk meningkatan kapasitas akademis, mendorong pengembangan keilmuan dosen muda sesuai dengan expertise yang akan mendukung state of art department, dan mendorong percepatan kenaikan jabatan (urusan kepegawaian). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 9 April 2019 di ruang Iris lantai 3 Hotel Eastparc Yogyakarta dari pukul 09.00 hingga 15.30 WIB. Workshop ini dihadiri oleh Direktur Sumber Daya Manusia UGM, Dekan dan Wakil Dekan Fisipol UGM, Ketua Departemen, Kepala Kantor Administrasi, Kepala Seksi, mentor dosen muda, dosen muda Fisipol UGM (sebanyak 33 dosen muda), dan Tim Sumber Daya Manusia (SDM) Fisipol UGM dengan total peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 50 orang.
Sebelum kegiatan workshop ini dilaksanakan, terlebih dahulu para dosen muda sudah mengisi form mentoring yang telah disusun oleh Tim SDM Fisipol UGM. Dimana informasi dari form yang telah terisi tersebut menjadi baseline. Form tersebut mencakup informasi terkait kepegawaian (kepangkatan) yang meliputi informasi terkait TMT (Tanggal Mulai Tugas) masuk, informasi kepangkatan/jabatan (KP/J), golongan, target KP/J, dan informasi persiapan studi yang mencakup informasi yang meliputi skor TOEFL, ITP-TOEFL, IELTS, GRE, TPA, kesiapan proposal, tujuan studi, calon supervisor, skema pendanaan (beasiswa), target pelaksanaan studi S3.
Selanjutnya dalam kegiatan workshop ini dilaksanakan dengan metode berdiskusi. Diskusi dibagi menjadi 4 sesi yakni sesi 1 diskusi dengan topik mengidentifikasi tantangan pengembangan karir dosen muda, kemudian sesi 2 dengan topik pengembangan support system, selanjutnya sesi 3 dengan topik perumusan mekanisme mentoring, dan yang terakhir sesi 4 dengan topik penyusunan early career roadmap.
Pada sesi pertama dilaksanakan kegiatan diskusi yang mengidentifikasi tantangan pengembangan karir dosen muda. Di sesi pertama ini diisi dengan sharing tantangan yang selama ini dihadapi oleh dosen muda terkait pengembangan karir maupun dalam proses studi lanjutan, kemudian dilakukan identifikasi dan pemetaan tantangan yang dihadapi. Setelah teridentifikasi dan terpetakan, kemudian masuk ke dalam sesi kedua yakni pengembangan support system. Dalam sesi ini bertujuan untuk mencari solusi dukungan yang tepat agar dosen muda dapat melewati tantangan yang dihadapi dalam pengembangan karir dan akademisnya.
Kemudian pada sesi diskusi yang ketiga dilakukan perumusan mekanisme mentoring. Diskusi ini menghasilkan rumusan peranan mentor bagi dosen muda dan kewajiban bagi mentor dan dosen muda berdasarkan kesepakatan bersama. Setelah sesi ini berakhir, kemudian dilanjutkan ke sesi terakhir yakni penyusunan early career roadmap. Di sesi ini dosen muda diberikan waktu untuk mengidentifikasi macam-macam plan yang disiapkan dalam rangka peningkatan kapasitas dari segi keilmuan (akademis) dan jenjang karir. Plan yang disusun ini merupakan rencana 3 tahun kedepan terkait studi lanjutan (jenjang doktoral) yang akan diambil dan berbagai hal yang perlu dipersiapkan dalam rangka peningkatan jenjang karirnya ke Asisten Ahli ataupun jenjang karir berikutnya. Beberapa hal yang diisi dalam roadmap mencakup info tentang kepegawaian dan info tentang persiapan studi. Info kepegawaian mencakup informasi penyesuaian hak dari 80% ke 100 %, NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional), Sertifikasi Dosen, target jenjang karir berikutnya dan informasi mengenai info persiapan studi mencakup target lanjut studi, calon supervisor, persiapan studi lanjutan (bahasa, proposal, dan beberapa persiapan lainnya yang dibutuhkan), dan target universitas yang akan dituju.
Dengan dilaksanakannya workshop ini diharapkan mampu membawa kebermanfaatan dalam percepatan peningkatan jenjang karir (kepegawaian) maupun peningkatan dalam segi akademis (keilmuan) dosen muda Fisipol UGM melalui support system dan mekanisme mentoring yang telah didiskusikan dan terancang dalam workshop ini.